Kamis, 13 September 2012

Struktur Atap Baja Ringan

Struktur atap baja ringan diyakini mempunyai kelebihan lebih daripada kayu, yaitu berkisar antara kekuatan dan umur pakai. Strukturatap baja ringan memang mempunyai perilaku yang berbeda jika dibandingkan dengan struktur kuda-kuda kayu. Jika struktur kuda-kuda kayu mempunyai dimensi yang lebih besar dibandingkan struktur baja ringan, terutama dalam hal ketebalan profil. Struktur baja ringan mempunyai dimensi yang lebih tipis jika dibandingkan dengan kuda-kuda kayu, yaitu mulai dari ketebalan 0,75 mm sampai ketebalan 1 mm. rangka baja biasanya bisa kita dapatkan di atap baja ringan.
Lalu jika memilih atap baja ringan dengan dimensi yang relative kecil, tentu saja akan berpengaruh pada proses pemasangannya. Dengan dimensi yang relative lebih kecil ini, maka system pemasangan struktur baja ringannya akan berbeda dengan system pemasangan kuda-kuda kayu. Terlebih lagi untuk struktur baja ringan mempunyai kekuatan tarik yang tinggi tetapi bersamaan dengan itu juga mempunyai kekuatan yang lemah. Untuk itulah, salah satu faktor utama untuk menentukan kekuatan struktur baja ringan adalah batang pangaku, yang biasanya disebut dengan istilah BRACING.

Struktur atap baja ringan
dan bracing ini dipasang untuk mengantisipasi kekuatan baja ringan yang lemah. Untuk bracing atau pengaku di dalam struktur baja ringan, terdiri dari beberapa struktur, yaitu pengaku batang atas, pengaku batang bawah, pengaku web dan juga ikatan angin yang mempunyai fungsi dan penempatan yang berbeda-beda sesuai dengan perhitungan dan juga beban atap. Jika Anda ingin membangun suatu bangunan dengan menggunakan atap baja, maka Anda juga harus memperhatikan beberapa komponen tersebut untuk membuatnya lebih aman dan tahan lama. Karena kurang atau tidak diperhitungkannya bracing atau pengaku dalam struktur baja ringan bisa menimbulkan resiko yang tidak diinginkan. Resiko terburuk yang bisa terjadi jika Anda tidak mengindahkan hal ini adalah kegagalan struktur baja ringan sampai mengakibatkan kerobohan atap.
Untuk itulah, salah satu poin yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan struktur baja ringan adalah bracing atau pengaku yang digunakan. Karena dengan perhitungan yang tepat akan membuat struktur baja ringan menjadi solusi terbaik sebagai pengganti kuda-kuda kayu. Selain Anda menyerahkan semua hal ini kepada mandor bangunan, tidak ada salahnya Anda juga ikut ambil bagian dalam membuat keputusan. Itulah mengapa Anda harus mulai mengetahui tentang hal-hal kecil seperti ini yang tetap akan membawa dampak yang besar bagi kehidupan Anda dan orang di sekitar Anda.

Struktur atap baja ringan
juga harus memperhatikan bracing atau pengaku yang bisa membuat sambungan di atap menjadi lebih kokoh dan tidak mudah robih atau kendor. Selain memperhatikan bendanya atau bracingnya, Anda juga harus memperhatikan sambungan yang Anda lakukan. Perkuatan sambungan akan sangat berpengaruh pada kekuatan bangunan Anda. Cek setiap sambungan yang ada. Karena jika ada screw pada sambungan yang kendor maka kekuatan sambungan jadi berkurang. Maka Anda perlu memperhatikan kekuatan sambungan ini sewaktu memasang screw tersebut. Perhatikan jangan sampai berputarnya mata bur pada waktu memasang screw terlalu banyak karena hal ini akan membuat screw baja ringan menjadi kendor.
Sedangkan jumlah baut pada sambungan tidak boleh kurang dari 2 buah atau ditentukan oleh desain engineer struktur baja ringan dan dipengaruhi juga gaya batang dari truss baja ringan tersebut atau beban yang berada diatas kuda-kuda dari rangkaian atap baja ringan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar