Rabu, 12 September 2012

Kuda Kuda Baja Ringan

Kuda kuda baja ringan sudah menjadi favorit bagi semua kalangan, bukan hanya untuk gedung-gedung bertingkat, tetapi juga untuk bangunan rumah-rumah. Kuda kuda baja ringan cara pemasangannya terbilang lebih mudah dan relative lebih singkat dibandingkan dengan kayu. Salah satu alas an mengapa pemasangan atap baja ringan menjadi pilihan karena kekuatan baja ringan bisa sampai 10 tahun. Atap baja ringan dibuat dari baja bermutu tinggi dan mempunyai kandungan hi-ten g550 lapis zinc dan aluminium. Cara pembuatannya adalah dengan melakukan treatment pada baja sampai menjadi tipis kemudian ditarik sampai mutu atap baja ringan tinggi. Walaupun atap baja ringan ini mempunyai nilai estetika yang kurang, tetapi karena membawa keuntungan yang banyak, maka banyak sekali masyarakat yang tertarik untuk memasanganya daripada kayu.
Cara pemasangan kuda-kuda baja ringan juga terbilang mudah. Karena baja ringan ini terdiri dari beberapa lempengan panjang (profil) yang bervariasi ukuran dan bentuknya sesuai dengan fungsi masing-masing dalam struktur rangka atap.

Kuda kuda baja ringan
atau rangka utama dan gording dari baja ringan ini biasanya berbentuk “I” atau “U” terbalik dan ukurannya lebih besar. Selain itu, ada juga reng yang merupakan salah satu unsure pembangun bangunan. Reng adalah pengikat kuda-kuda gording yang posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording. Selain itu, reng juga mengikat kuda-kuda dan gording sampai membentuk suatu kerangka yang kokoh.
Teman dari reng adalah lempengan reng. Lempengan reng adalah profil yang paling kecil kecil ukuran dan bentuknya. Fungsi dari lempengan reng ini adalah sebagai penahan genteng atau jenis atap yang lain dan juga berfungsi sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih “mencengkeram” dan lebih rapi.
Kuda kuda baja ringan untuk pemasangannya bisa dilakukan secara maksimal dengan memperhatikan beberapa criteria berikut ini:
  • Hitung berapa derajat kemiringan atap. Karena semakin curam kemiringan atap, maka akan dipastikan semakin menambah besar jumlah luas atapnya. Idealnya, kemiringan atap berada pada kisaran antara 25 dan 30 derajat. Takaran ideal ini bisa dilihat dari segi konstruksi atau dari sisi jumlah luasnya. Lalu dengan tingkat kemiringan seperti ini, maka jumlah bahan yang digunakan untuk rangka atap baja ringan akan lebih efisien.
  • Hitung jumlah beban atap. Beban atap terdiri dari beban mati, beban hidup dan juga beban angin. Jadi, variable yang bisa disiasati adalah beban mati yaitu penggunakaan penutup atapnya. Beban mati ini harus dipertimbangkan, yaitu dengan mempertimbangkan material yang Anda pilih untuk penutup atap.
  • Bentuk atap. Bentuk atap yang paling baik untuk cara pemasangan rangka atap baja ringan adalah limas an dan pelana serta kombinasi dari keduanya. Jika Anda memilih untuk memakai atap dengan model lengkung, maka tetap bisa menggunakan rangka atap baja ringan tetapi dengan harga yang relative mahal.
Untuk sambungan pada baja konvensional atau baja berat dipakai sambungan las dan sambungan mur baut. Untuk baja ringan sambungan antara truss satu dengan truss lain di pakai self drilling screw atau screw baja ringan. Pemakaian screw ini disarankan sekali pakai saja. Karena apabila dipakai berulang-ulang maka drat dari baja ringan kemungkinan sudah rusak. Perhatikan juga screw yang digunakan. Karena screw ini bila dipakai berulang-ulang ketajaman dari mata screw sudah berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar